Kunjungi website terbaru Insan Cendekia Boarding School di www.insan-cendekia.sch.id, Klik di Sini

Profil SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Kota Payakumbuh

BENTUK DAN NAMA SEKOLAH

Tingkat satuan pendidikan yang didirikan adalah sekolah menengah pertama dengan nama Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadudisingkat denganSMP – IT. Berdasarkan hasil rapat dan kesepakatan pengurus dan pendiri yayasan, maka sekolah ini bernama Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP – IT) Insan Cendekia Boarding School.

VISI DAN MISI SEKOLAH

Visi Sekolah Menengah Islam Terpadu Insan Cendekia Boarding School:

“Menghasilkan generasi yang cerdas, mandiri, berprestasi dan berakhlak islami”

 

Indikator Visi:

  1. Cerdas emosional, spiritual, intelegensi, social dan budaya.
  2. Mandiri dalam hal bertindak, berfikir kreatif, dan mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi serta memiliki rasa percaya diri yang tinggi.
  3. Berprestasi pada bidang akademik, agama, seni dan olah raga.
  4. Berakhlak islami dalam kehidupan sehari-hari.

 

Misi SMP – IT InsanCendekia Boarding School Payakumbuh:

Adapun misi SMP-IT Insan Cendekia adalah:

  1. Melakukan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  2. Mewujudkan nilai Islam melalui penyelenggaraan sekolah dan proses pembelajaran.
  3. Melaksanakan layanan pendidikan secara adil dan memuaskan.
  4. Membimbing siswa dalam mengembangkan potensi social dan budaya
  5. Melakukan penggalian dan pengembangan bakat secara terprogram
  6. Melakukan Islamisasi dalam isi dan proses pembelajaran.
  7. Melakukan pemberdayaan SDM secara berjenjang dan berkesinambungan
  8. Melakukan pembimbingan secara komprehensif dengan orientasi terbentuknya akhlak yang mulia

Tujuan SMP-IT Insan Cendekia    

Tujuan sekolah pada tahun 2013 adalah:

a)    Siswa kelas IX lulus 100% dalam Ujian Nasional tahun 2013

b)    Nilai rata-rata Ujian nasional 7,00

c)    Lulusan SMP IT Insan Cendekia diterima di sekolah-sekolah favorit.

d)    Seluruh siswa mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab dan bahasa Inggris.

e)    Terpenuhi kebutuhan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan

f)     Rampungnya  ruang kelas milik sendiri 50 %

g)    Sekolah terakreditasi minimal nilai B

h)   Kemahiran berbahasa Arab dan Inggris

i)     Kemampuan akademik setara SMP

j)     Hafalan Al-Qur’an yang lancar minimal 3 juz

k)    Menguasai teknologi kekinian berupa komputer, internet, dll.

 

Tujuan Pengembangan Kurikulum

Kurikulum SMP-IT Insan Cendekia  ini disusun dengan tujuan agar menjadi pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di SMP-IT Insan Cendekia.

Prinsip Pengembangan KTSP

Pengembangan kurikulum SMP-IT Insan Cendekia   ini mengacu pada panduan yang disusun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yaitu :

  1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, antara kepentingan peserta didik dan lingkungannya
  2. Beragam dan terpadu
  3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
  4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
  5. Menyeluruh dan berkesinambungan
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

Sesuai dengan karakter sekolah, pengembangan kurikulum SMP-IT Insan Cendekia  diarahkan kepada :

  1. Qur’aniyah

Menjadikan Al-Qur’an sebagai basic memory di dalam akal dan hati siswa. Karena ia adalah sumber ilmu, inspirasi, motivasi, obat dan kebenaran hakiki yang menjadi pelita disaat kegelapan dan menjadi petunjuk dalam menjalani kehidupan. Ia adalah pembersih hati, agar ilmu bisa menerangi jiwa karena ilmu ibarat cahaya Allah yang tidak akan masuk kedalam hati yang kotor dan penuh maksiat. Mengajarkan Al-Qur’an dengan mentadabburi dan menghafalkannya akan membentuk karakter yang kokoh di dalam diri siswa, melahirkan generasi yang mulia karena di dalam sanubari dan jiwanya terdapat sumber yang mulia yaitu Al-Qur’an.

  1. 2.   ‘Alamiyah

Yang kami maksud “Alamiyah” disini adalah pertama; mengajak siswa untuk belajar mengenal alamnya, memecahkan misteri keingintahuannya pada alam sebagai habitat tempat dia hidup dan menemukan hikmah penciptaannya di alam semesta ini. Mengajarkan kepada mereka bagaimana alam telah diciptakan oleh Allah untuk melayani kebutuhan-kebutuhan manusia, dengan menanamkan rasa cinta pada alam dapat melahirkan pribadi-pribadi yang pandai bersyukur atas anugerah besar yang telah diberikan Rabbnya, merasa memilikinya dan menjaganya sebagai amanah dan bersikap baik terhadap alam sebagai rahmatan lil ‘alamin yang pada gilirannya akan semakin mengokohkan iman didalam dada. Kedua; mengembangkan kemampuan belajar alami setiap siswa, dengan melakukan pendekatan belajar sesuai dengan tipe kecerdasan dan gaya belajar mereka sendiri karena setiap siswa itu unik dan memiliki kekhasan tersendiri dalam kecerdasannya. Sehingga belajar bagi mereka menjadi aktifitas yang mudah dan menyenangkan. Tidak adalagi suasana kaku dalam belajar, memaksa mereka duduk rapi di dalam kelas dengan hanya mendengarkan “celoteh” guru di depan kelas, mematikan potensi kecerdasan, motivasi, dan kreativitas belajar mereka.

  1. Transformasi Pembelajaran

Belajar adalah proses berubah secara konstan. Proses inilah yang harus dijalankan oleh setiap sekolah. Pengetahuan bukan barang yang harus dimiliki, melainkan sebuah fungsi menuju perubahan. Belajar adalah proses menggunakan ilmu pengetahuan untuk menjadi sesuatu. Sehingga apa yang mereka pelajari di sekolah semakin dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari saat guru mereka menghadirkan pengetahuan dalam kehidupan nyata mereka.

  1. Beragam dan Terpadu (Integralistik)

Yang kami maksud dengan beragam dan terpadu adalah pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang direncanakan dengan membuat saling keterkaitan antar materi dan antar bidang studi, sehingga siswa mendapat gambaran yang utuh terhadap topik yang dipelajari dari tinjauan berbagai bidang dalam satu tema. Akan tetapi untuk tahun ini, SMP-IT INSAN CENDEKIA belum bisa menerapkan sistem ini secara utuh dikarenakan banyak hal yang harus dikaji dan dipersiapkan secara menyeluruh terhadap perangkat pembelajaran dengan sistem ini. Namun demikian, Insyaallah kami akan terus berusaha menyiapkan dan merealisasikannya di tahun-tahun berikutnya.

  1. Dinamis

Perkembangan arus informasi dan teknologi yang demikian cepat menuntut setiap institusi pendidikan untuk bersikap dinamis seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi terkini. Oleh sebab itu, kurikulum ini juga harus mengakomodir perkembangan informasi dan teknologi sehingga mampu memberikan pemahaman, pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan siswa pada masanya.

  1. Long Life Education

Belajar akan lebih membekas ke dalam jiwa siswa jika ia mampu menghadirkan dan merasakan manfaat pelajaran tersebut untuk kehidupannya. Oleh sebab itu, kurikulum harus mampu menyajikan informasi-informasi yang bisa bermanfaat dan berdaya guna bagi peserta didik sepanjang hayatnya selain harus mampu memberi motivasi kepada peserta didik untuk belajar sepanjang hayat dan dimana saja, ibarat pepatah ”alam takambang manjadi guru”.

  1. Balance (keseimbangan)

Keseimbangan sangat dibutuhkan dalam segala hal, termasuk pendidikan. Keseimbangan antara IPTEK dan IMTAQ, keseimbangan antara tuntutan dan kebutuhan, keseimbangan antara kepentingan lokal dan global semuanya harus terakomodasi dalam sebuah kurikulum di tingkat satuan pendidikan.

 

 

PROGRAMDAN KEGIATAN SMP-IT INSAN CENDEKIA BOARDING SCHOOL PAYAKUMBUH

Adapun program – program yang telah dilaksanakan selama 3 tahun terakhir oleh SMP-IT Insan Cendekia Boarding School sebagai berikut :

  1. Penerimaan Siswa Baru.

Untuk angkatan ke 3 ini, penerimaan siswa baru dibagi menjadi 2 gelombang, untuk gelombang I, pendaftaran dimulai sejak April – Juni 2012, siswa di berikan tes tertulis dan tes lisan.Tertertulis berupa materi tentang agama, matematika, dan IPA. Tes lisan dimaksudkan untuk mengetahui karakter awal dari anak. Pada angkatan I ada 120 orang siswa yang mendaftar di SMP-IT ICBS, sedangkan yang diterima sebanyak 75 orang siswa.

Untuk gelombang ke II, siswa yang mendaftar 105 orang, dan yang lulus sebanyak 81 orang. Jadi jumlah siswa yang diterima pada angkatan ke III ini adalah sebanyak 156 orang, yakni 81 orang siswa laki-laki, dan 75 orang siswi putri. Siswa tersebut berasal dari kota Payakumbuh, kabupaten Lima Puluh Kota, Kota dan Kabupaten di Propinsi Sumatera Barat, luar Propinsi Sumatera Barat, seperti dari Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Utara, dan juga dari luar Pulau Sumatera seperti DKI Jakarta, Pulau Jawa.

Untuk angkatan ke empat tahun pelajaran 2013/2014, SMP-IT Insan Cendekia telah melakukan penjaringan siswa/i baru, dimana untuk calon siswa/i yang mendaftar di SMP-IT ICBS sebanyak 360 orang dari berbagai daerah yang ada di Pulau Sumatera dan luar Pulan Sumatera. Dari jumlah pendaftar telah diluluskan sebanyak 230 orang siswa dan seluruhnya telah melakukan pendaftaran ulang di SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh.

  1. Peningkatan Mutu /  Kualitas Siswa
    1. Peningkatan Prestasi Belajar siswa, melalui program pengayaan dan remedial teaching, dan bimbingan belajar. Berhubung SMP-IT Insan Cendekia Boarding School berbasis asrama (boarding school) makakegiatan remedial teaching bisadilaksanakan pada malam hari
    2. Peningkatan Daya nalar dan kemampuan sains siswa. Kegiatan yang diselenggarakan adalahadanyapelatihanolimpiadesains.
    3. Peningkatan kemampuan dan ketrampilan siswa dibidang seni dan olah raga melalui kegiatan Ekstrakurikuler yang dilaksanakan setiap pagi dan sore, meliputi tahfidz, speaking, muhadatsah, mentoring, pramuka, bola kaki, Nasyid (seni suara), dan kaligrafi.
    4. Mengikutkan siswa dalam berbagai  diskusi, perlombaan baik yang sifatnya internal sekolah maupun eksternal. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengasah kemampuan siswa dalam berorasi.
    5. Menyelenggarkan Kunjungan edukatif / Study Tour setiap semester  ke tempat-tempatbersejarah, perusahaan – perusahaan dan Istansi – Instansi Pemerintahan untuk menambah dan meningkatkan wawasan siswa. Kunjungan edukatif yang telah dilaksanakan dari tahun pertama hingga tahun ketiga sebanyak 2 kali, yaitu semester 1 TA. 2010/2011 ke Istana PagaruyungBatuSangkarSumatera Barat : terkait dengan pelajaran BAM. Semester 3 TA 2011/2012 diadakan Education Trip ke Bukit Tinggi: terkaitdenganpelajaranBahasaInggris, danBahasa Indonesia.
    6. Peningkatan Kemampuan Bahasa Asing Siswa, yaitu Bahasa Arab dan Inggris, dengan mengadakan program speaking danmuhadatsah.
    7. Menjalankan Program Bahasa Asing Siswa, yakni Penerapan Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa harian siswa dalam berdialog. Kosakata yang telahdiperolehsiswadiaplikasikandalamberdialogdengantemandan guru setiapharinya, kegiataniniberada di bawahkabagbahasa.

 

  1. Peningkatan mutu / kualitas tenaga pengajar dan Karyawan

Langkah yang diambil oleh SMP-IT InsanCendekia Boarding School, yaitu :

    1. Melaksanakan Pelatihan / training  guru secara berkala.
    2. Mengikutsertakan Guru dalam MGMP.
    3. Mengikutsertakan guru dan pegawai dalam kegiatan seminar, simposium, diskusi atau dialog.
    4. Mengadakan Studi banding kesekolah – sekolah lain.

Data Siswa

Keadaan siswa di SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh pada tahun ajaran 2012/2013.

NO

KELAS

KEADAAN SISWA

JUMLAH

PUTRA

PUTRI

1. Kelas VII

77

74

151 Orang
2. Kelas VIII

47

41

  88 Orang
3. Kelas IX

27

20

  47 Orang

Jumlah

286 Orang

 

 

Data Guru

NO.

TAHUN AJARAN

L

P

JUMLAH

1. 2012 / 2013

15 Orang

28 Orang

43 Orang

 

Data Ruang Belajar

NO TAHUN

PELAJARAN

KELAS I

KELAS II

JUMLAH

JUMLAH

 

1.

 

2012 / 2013

6

4

2

 

12 Rombel

 

Data Prestasi Siswa

Dari tahun pertama pendirian sekolah, siswa di SMP-IT Insan Cendekia sudah mampu mengukir prestasi mulai dari tingkat kota, propinsi sampai tingkat nasional di  bidang keagamaan. Pada tahun 2011, Siswa/i juga telah mengukir prestasi tingkat kota di bidang penampilan puisi, dan salah satu dari siswa juga mampu mewakili kota Payakumbuh ke tingkat propinsi di bidang OSN IPS. Pada tahun 2012, siswa SMP-IT juga mampu mengukir prestasi dibidang beladiri.

Untuk tiga tahun terakhir, siswa/i SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh sudah banyak meraih prestasi. Mulai dari tingkat sekolah, tingkat kota Payakumbuh, tingkat Propinsi, sampai ke tingkat Propinsi. (Data Terlampir)

 

 

8 Responses to Profil SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Kota Payakumbuh

  1. Majulah Insan Cendikia Payakumbuh untuk Kejayaan Umat Islam

  2. ASYARLI says:

    SEMOGA LEBIH MAJU LAGI DAN BERKIBAR BENDERA YAYASAN INSAN CENDIKIA DI TANAH AIR INI UNTUK SELAMANYA DEMI KEMAJUAN INDONESIA RAYA BAGUNLAH JIWANYA BAGUNLAH BAGUNLAH OLEH YAYASAN INSAN CENDIKIA

  3. masytha khairunnisa says:

    insan cendekia tetaplah bertahan ,pertahankanlah sekolah ini

  4. Masdar Helmi says:

    Semoga Insan Cendekia makin maju dan makin berjaya. Produk IC memiliki kompetisi global di bidangnya. Salam dari kami (Azhar Institute for Islamic World and Islamic Studies). Wabilkhusus untuk saudara saya Veldi dan Abangda Lingga… Senior di Al-Azhar.

  5. Masdar Helmi says:

    Semoga Insan Cendekia makin maju dan makin berjaya. Produk IC memiliki kompetisi global di bidangnya. Salam dari kami (Azhar Institute for Islamic World and Political Studies). Wabilkhusus untuk saudara saya Veldi dan Abangda Lingga… Senior di Al-Azhar.

  6. abu ghozi bin abbas says:

    MAJUKAN AKHLAK ANAK BANGSA MENURUT APA YANG ALLAH DAN RASULULLAH KEHENDAKI..

    JAUHKAN ANAK KITA DARI BID’AH DALAM URUSAN AGAMA… KARENA SUNNAH TIDAK AKAN TEGAK DISISI BID’AH.

    LINDUNGI ANAK KITA DARI PEMIKIRAN SESAT DAN KERANCUAN KERANCUAN PEMIKIRAN YANG SEOLAH BENAR PADAHAL MENYESATKAN…

    INSYAALLAH..

  7. helmizawati says:

    pendaftaran online bagaimana caranya

    • - says:

      w.salam, Yth. Bapak / Ibu, untuk pendaftaran Online, langsung mendaftar melalui web kami, isi biodata anak yang didaftarkan, dan kirim biaya pendaftaran melalui rekening kami. kemudian komfirmasi ke nomor telpon sekolah (0752) 796602

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>